MTs Darul Ulum Purwogondo

Jl. Kromodiwiryo Purwogondo Kalinyamatan Jepara

Berbudi dan Unggul dalam Prestasi

Selayang Pandang

Senin, 02 April 2018 ~ Oleh IT.Tsahdu ~ Dilihat 956 Kali

Eksistensi pendidikan Islam di Indonesia boleh dikatakan masih menghadapi berbagai masalah dalam berbagai aspek. Upaya perbaikannya belum dilakukan secara mendasar, sehingga terkesan apa adanya. Memang terasa janggal, dalam komunitas masyarakat muslim, pendidikan Islam belum diberi kesempatan yang luas untuk bersaing dalam membangun umat yang besar ini. Banyak sekali hambatan yang menimpa pada pendidikan Islam (madrasah), diantaranya adalah :

  1. Kesempatan untuk memperoleh legitimasi yang lebih luas dan perbaikan secara mendasar, hampir tidak pernah diperoleh pendidikan Islam. Ini memberikan pengaruh yang sangat besar jika posisinya hanya mampu bertahan, maka berarti sebuah kemunduran, karena era kemajuan telah berpacu dengan hebat sesuai dengan arus perubahan sosial sedang pendidikan Islam ( Madrasah ) selalu ketinggalan zaman. Kondisi ini menjadikan pendidikan Islam sebagai sebuah lembaga yang tidak adaptif atau bahkan konservatif.
  2. Dari sini tampak bahwa dalam dunia serba persaingan yang didasarkan pada manajemen professional justru umat Islam berada pada posisi yang sangat lemah. Institusi modern masih merupakan barang mewah bagi umat Islam, termasuk di dalamnya segala tatanan dan piranti yang mengiringinya.
  3. Bagi bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya Islam, pasti membutuhkan lembaga pendidikan Islam yang benar- benar qualified yang diperuntukkan bagi kepentingan bangsa, agar wawasan keislaman selalu berkait dengan wawasan keindonesia-an, sehingga pendidikan Islam benar – benar dapat dihadapkan sebagai perakit masa depan bangsa.
  4. Abad ke-21 makin santer didengungkan sebagai abad yang menentukan, menjanjikan sekaligus penuh tantangan baru. Dengan ditinggalkannya abad ke-20 dan dimasukinya abad ke-21 membuat orang melakukan refleksi, pemikiran mendalam tentang peran dan kedudukan suatu bangsa, masyarakat, kekuasaan dan agama.
  5. Daerah Kabupaten Jepara penduduknya mayoritas beragama Islam memerlukan lembaga pendidikan Islam ( Madrasah ) yang representatif mengingat perkembangan dan dinamika masyarakat menuntut terwujudnya lembaga yang dimaksud. Sebagai bukti animo masyarakat Jepara untuk memasukkan putra – putrinya ke Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Purwogondo dari tahun ke tahun senantiasa meningkat meskipun telah berdiri sekolah – sekolah menengah pertama selain Madrasah Tsanawiyah.

Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara bermaksud dan berkeinginan untuk mencoba menjawab berbagai persoalan di atas, salah satu diantaranya adalah pem-bangunan sarana – sarana yang nantinya difungsikan untuk menunjang perkembangan intelektual serta moral dari peserta didik.

Berita Pengumuman Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI